Pada kesempatan kali ini ane mau berbagi info tentang safety riding dalam mengendarai sepeda motor.

Tips-tips yang menurut ane sangat berguna ini, ane ambil dari buklet yang dikeluarkan oleh PT Astra Honda Motor - Safety Indonesia.

Buklet ini memuat hal-hal penting untuk keselamatan berkendara aman dan nyaman.

Terdiri dari 12 poin yang terbagi dalam dua bagian yakni sebelum berkendara dan saat jalan.

Mudah-mudahan informasi yang ane tulis ulang ini berguna bagi Sobat sekalian.

Selamat menyimak dan memraktekkannya.

SEBELUM BERKENDARA

Pemanasan Tubuh

1aPemanasan Tubuh

Dikarenakan pentingnya menjaga keseimbangan pada waktu mengendarai sepeda motor, maka pastikan tubuh dan mental dalam kondisi sehat dan siap untuk berkendara.
Menggunakan Perlengkapan Berkendara
1bMenggunakan Perlengkapan Berkendara

Helm
  • Biasakanlah untuk selalu menggunakan helm pelindung ketika mengedarai sepeda motor, karena kepala merupakan bagian tubuh terpenting dari manusia.
  • Tali pengikat helm harus dipasang dan dikencangkan secara benar untuk mencegah helm terlepas ketika terjatuh.
Pakaian
  • Gunakan jaket lengan panjang dan celana panjang yang pas dan nyaman di tubuh pengendara saat mengendarai sepeda motor (gunakan pakaian yang memang dirancang untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara).
Sepatu
  • Gunakanlah sepatu, tidak dianjurkan menggunakan sandal atau bertelanjang kaki ketika mengendarai sepeda motor, (karena ketika berhenti pengendara harus bertumpu pada kaki mereka untuk menjaga kesimbangan sehingga cenderung kehilangan kestabilannya yang memungkinkan terjadinya cedera).

2 Pengecekan Sepeda Motor


Ban
Ban
  • Periksa tekanan angin sesuai standar dan keausan alur ban.
  • Ban yang aus dan tekanan angin yang tidak sesuai akan menyebabkan jarak pengereman semakin panjang dan pengendalian menjadi tidak stabil saat menikung.
  • Tekanan angin yang sesuai menghasilkan pemakaian bahan bakar yang ekonomis.

Rem
  • Periksa rem depan dan belakang apakah berfungsi secara normal, khususnya rem depan karena lebih efektif dalam pengereman.
  • Peralatan yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan dan menghentikan jalannya sepeda motor hanyalah rem.
Rem Tangan
Rem Kaki

Lampu Depan

Lampu Rem
Lampu-lampu
  • Pastikan lampu sein, lampu rem dan lampu depan berfungsi dengan baik.
  • Lampu sein dan lampu rem digunakan sebagai tanda bagi pengguna jalan yang lain untuk mengetahui tujuan Sobat, karena sepeda motor berbagi jalan dengan pengguna jalan umum seperti pengendara mobil, pengendara sepeda dan pejalan kaki.

Kaca Spion
  • Sesuaikan posisi kaca spion dengan benar untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas.
  • Merupakan hal penting untuk melihat kaca spion dan mengecek langsung kondisi di sekitar pengendara.
Kaca Spion


3 Postur Berkendara

Untuk menjaga kesimbangan sewaktu mengendarai sepeda motor, perhatikan "Tujuh Poin Utama" postur berkendara Sobat di bawah ini:

Postur Berkendara

1. Mata
Mata melihat jauh kedepan (ke arah yang hendak dituju) agar jarak pandang menjadi lebih luas.

2. Pundak
Santai atau rileks.

3. Siku
Tangan sedikit menekuk dengan santai.

4. Tangan
Tangan memegang bagian tengah dari gas tangan dimana Sobat dapat dengan mudah untuk mengoperasikan handle rem atau kopling dan saklar.

5. Pinggul
Duduk pada posisi dimana Sobat dapat dengan mudah mengoperasikan stang kemudi dan rem.

6. Lutut
Lutut secara ringan menekan tangki bahan bakar (tipe sport).

7. Kaki
Letakkan bagian tengah telapak kaki Sobat pada sandaran kaki, jari kaki menghadap ke depan, ibu jari secara ringan berada di atas pedal rem dan pedal gigi.

Posisi Tubuh yang Salah

Posisi Tubuh yang Salah

Posisi Tubuh yang Benar

Posisi Tubuh yang Benar


SAAT JALAN

4 Pengereman
  • Sangat penting untuk menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan.
  • Rem depan harus dioperasikan sedikit lebih kuat dari rem belakang karena rem depan lebih efektif daripada rem belakang.

Pengereman

5 Berada di Jalur Kiri
  • Gunakan selalu jalur kiri dan hati-hati dengan kemunculan kendaraan yang datang tiba-tiba dari arah yang berlawanan.
  • jangan berkendara sepanjang sisi kanan jalan walaupun tidak ada kendaraan lain dari arah yang berlawanan, (berkendara di sebelah kanan jalan akan menyebabkan tabrakan yang dapat mengakibatkan luka yang serius atau kematian).

Berada di Jalur Kiri


6 Berpindah Jalur Jalan
  • Ketika Sobat hendak berpindah jalur, sangat penting untuk memberi tanda ke arah yang Sobat tuju bagi pengendara lain dengan menyalakan lampu sein 3 detik sebelumnya.
  • Pengendara harus memerhatikan kaca spion, terutama memeriksa kendaraan di belakangnya sebelum berpindah jalur.

Berpindah Jalur Jalan


7 Melewati Persimpangan
  • Saat belok ke kiri atau ke kanan di persimpangan, sangat penting untuk menyalakan lampu sein 30 meter sebelum mendekati persimpangan untuk memberikan tanda arah yang hendak Sobat tuju kepada pengguna jalan lain.
  • Sebelum berpindah jalur, pastikan kondisi keamanan dan keadaan lalu lintas di sekitar Sobat (jangan hanya melihat kaca spion karena kaca spion mempunyai keterbatasan pandangan).

Melewati Persimpangan


8 Rintangan di Jalan

Batu, kerikil, tanah atau lumpur dan pasir
  • Batu kerikil, tanah atau lumpur dan pasir membuat permukaan jalan sangat lincin dan dapat menyebabkan sepeda motor tergelincir dan jatuh. Untuk menghindarinya, kurangi kecepatan sebelumnya (pada permukaan jalan yang baik), hindari belok terlalu patah dan pengereman terlalu keras saat melalui kondisi jalan seperti ini.
Batu, kerikil, tanah atau lumpur dan pasir

Lubang di jalan dan perbedaan ketinggian pada bahu jalan
  • Waspadalah selalu untuk melihat permukaan jalan di depan Sobat karena ada beragam bentuk lubang di permukaan jalan dan perbedaan ketinggian pada bahu jalan.

Lubang di jalan

Pejalan kaki yang menyeberang jalan
  • Sewaktu berkendara di jalan, pengendara motor harus selalu hati-hati tidak hanya pada pengendara yang lain di sekitarnya, tetapi juga perilaku dari pejalan kaki dan hewan.

Pejalan kaki yang menyeberang jalan

9 Berkendara dengan Satu Tangan
  • Sobat tidak dibenarkan mengendarai sepeda motor dengan satu tangan (misalnya, memegang payung untuk menghindari hujan atau sinar matahari) karena Sobat dapat dengan mudah kehilangan kesimbangan.

Berkendara dengan Satu Tangan

10 Berkendara dalam Pengaruh Minuman atau Obat-obatan
  • Kondisi tubuh dan mental yang tidak sehat karena pengaruh minuman beralkohol (contohnya minuman keras) dan obat-obatan (misalnya yang menimbulkan kantuk atau obat-obatan terlarang) dapat mengurangi konsentrasi dan reflek pada waktu berkendara dan sangat berbahaya untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Berkendara dalam Pengaruh Minuman atau Obat-obatan

11 Berkendara pada Malam Hari
  • Sinaran lampu khususnya lampu depan mempunyai keterbatasan penyinaran pada malam hari, oleh sebab itu tingkatkan kewaspadaan saat berkendara di malam hari.

Berkendara pada Malam Hari

12 Patuhi Rambu-rambu Lalu Lintas
  • Rambu-rambu lalu lintas dibuat untuk memberikan panduan keselamatan bagi pengguna jalan dan jangan lupa untuk selalu membawa SIM dan STNK demi kenyamanan Sobat berkendara.

Patuhi Rambu-rambu Lalu Lintas

6 Comments

  1. Wah.. infonya mantap..
    tak bookmark dulu ya gan.. soalnya belum slsai mbacanya :D..
    salam sukses selalu (SSS).

    ReplyDelete
  2. ada gambar animasinya, jd lebih seru bacanya. sip gan, bagus artikelnya....

    ReplyDelete
  3. @Putupunyablog | Full Tutorials Blogger Terima kasih banyak Gan..
    Silakan dibaca Gan n diingat-ingat..
    Terima kasih atas motivasinya gan..

    ReplyDelete
  4. @Windows Blog Iya Gan, kalo ada gambarnya jadi lebih menarik buat dibaca..

    ReplyDelete
  5. Makasih tipsnya mas munadi etah dari mana saya mulai hinggah terdapar dipostingan mas mungkin karna saya mau pulang kampung pas nyari tips berkendara eh nyatol di blog ini nice share im like this makasih banyak atas petunjukanya

    ReplyDelete
  6. @Back to Kampoeng Halaman Sama-sama Mas, semoga tips ini bermanfaat..

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post