Mengintip Fitur Statistik Blogger
Pada tahun 2010 yang lalu, Blogger meluncurkan fitur Statistik. Letak link fitur ini terletak di urutan terakhir dari deretan link Posting, Komentar, Pengaturan, dan Rancangan. Fitur ini berisi informasi yang cukup lengkap mengenai data statistik blog kita. Terdapat 5 pilihan waktu untuk memantau perkembangan blog kita, seperti Now, Day, Week, Month, dan All time. Statistik Blogger ini mempunyai 4 tab, yakni Overview, Posts, Traffic Sources, dan Audience.

Overview
Pada tab ini berisi rangkuman dari keseluruhan tab yang ada. Di tab Overview ini terdapat grafik yang menggambarkan seberapa banyak pageviews blog kita yang dapat dilihat berdasarkan waktu Now, Day, Week, Month, dan All time. Selain itu juga ditampilkan mengenai banyaknya Pageviews today, Pageviews yesterday, Pageviews last month, dan Pageviews all time history.

Posts
Pada tab yang kedua ini ditampilkan jumlah penayangan dari Posts dan Pages. Daftar Posts diurutkan berdasarkan banyaknya jumlah penayangan. Urutan teratas menunjukkan Posts yang paling banyak dibaca oleh pengunjung. Makin ke bawah Posts yang dikunjungi makin sedikit. Pada tab ini disertai dengan diagram batang horizontal. Makin banyak jumlah penayangannya, makin panjang diagramnya. Tab ini juga dapat dilihat berdasarkan waktu Now, Day, Week, Month, dan All time.

Traffic Sources
Di sini kita dapat melihat sumber trafik dari pengunjung blog kita. Di tab ini berisi 3 bagian yaitu Reffering URLs, Reffering Sites, dan Search Keywords. Reffering URLs menunjukkan daftar link yang mengantarkan pengunjung datang ke blog kita. Sedangkan Reffering Sites berisi informasi melalui situs apa saja orang mengunjungi blog kita. Search Keywords memperlihatkan daftar kata kunci apa saja yang digunakan pengunjung saat datang ke blog kita. Di tab ini kita juga dapat memantau blog kita berdasarkan waktu Now, Day, Week, Month, dan All time.

Audience
Di tab yang terakhir ini berisi informasi tentang Pageviews by Countries, Pageviews by Browsers, dan Pageviews by Operating Systems. Pageviews by Countries menunjukkan daftar negara pengunjung berasal. Pada bagian ini dilengkapi dengan peta dunia. Wilayah negara pengunjung akan berwarna hijau di peta tersebut bila pengunjung tersebut pernah mengunjungi blog kita. Pageviews by Browsers memperlihatkan daftar browser apa saja yang digunakan pengunjung untuk datang ke blog kita. Di bagian ini dilengkapi dengan diagram lingkaran. Selain itu dilengkapi pula dengan keterangan jumlah dan persentase. Sedangkan Pageviews by Operating Systems berisi keterangan Sistem Operasi apa saja yang digunakan para pengunjung. Di sini juga dilengkapi dengan diagram lingkaran. Tab ini juga dapat dipantau berdasarkan waktu Now, Day, Week, Month, dan All time.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa masuk ke akun Blogger selanjutnya masuk ke menu Statistik. Anda akan menemukan informasi yang begitu lengkap mengenai statistik blog Anda.

2 Comments

  1. Memang sekarang blogger lebih lengkap dengan fitur analisis itu gan, jadi lebih mudah untuk melihat perkembangan blog kita.

    Blognya informatif sekali, semoga sukses ...

    Salam.

    didi

    ReplyDelete
  2. Iya Gan, Blogger sekarang lebih lengkap. Terima kasih atas kunjungannya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post